Otak Manusia Bisa Menyimpan Ingatan 10 Ribu Wajah Orang

Jakarta – Berapa banyak wajah kenalan yang bisa kamu ingat? Kalau kamu menghitung mulai dari orang-orang di lingkungan sekitar sampai yang ada di layar kaca mungkin kamu bisa mengingat ratusan. Tapi menurut peneliti sebetulnya otak kita bisa menyimpan ingatan sampai 10 ribu wajah orang.

Studi yang dipublikasi dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences untuk pertama kalinya berusaha menemukan angka pasti jumlah maksimal wajah yang bisa diingat manusia. Caranya lewat survei kecil pada 25 partisipan berusia 18-61 tahun.

Para partisipan diminta untuk mengenali foto-foto selebriti dan orang sekitar tanpa harus menyebutkan nama. Hasilnya diketahui bahwa partisipan bisa mengenali rata-rata 5.000 wajah hingga yang tertinggi sekitar 10 ribu.
Psikolog Rob Jenkins dari University of York yang terlibat dalam penelitian mengatakan studi seperti ini penting untuk mengetahui kapasitas otak manusia.

“Sangat menarik untuk bisa tahu kira-kira apakah ada umur puncak di mana kita bisa mengenali wajah orang-orang. Apakah otak kita menimbun banyak ingatan wajah saat semakin tua atau justru malah melupakannya,” kata Rob seperti dikutip dari Live Science, Rabu (17/10/2018).

“Yang jelas saat ini kita masih belum tahu batas maksimal wajah yang bisa diingat otak manusia,” lanjutnya.

Hanya bagi beberapa orang dengan kelainan buta wajah atau prosopagnosia, kemampuan otak untuk menyimpan informasi ini mungkin terganggu.

(fds/ask)